Tour Eiffel
Menara Eiffel (bahasa Perancis: Tour Eiffel, /tuʀ ɛfɛl/) merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.
Dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave Eiffel , Menara Eiffel
adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di
dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah
mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun 2006, menjadikannya monumen berbayar yang
paling banyak dikunjungi di dunia. Termasuk antena setinggi 24 m (79
kaki), struktur ini memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama
dengan bangunan konvensional bertingkat 81.
Menara
Eiffel Oktober 2007
Ketika menara selesai dibangun tahun
1889, struktur ini menjadi yang tertinggi di dunia — gelar yang dipertahankan
hingga 1930 ketika Chrysler
Building di New York City (319 m — 1.047 kaki) selesai. Menara ini sekarang yang tertingggi
kelima di Perancis dan paling tinggi di Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour
Montparnasse (210 m —
689 kaki), meskipun akan dikalahkan oleh Tour AXA (225.11 m — 738.36 kaki).
Menara
Eiffel dari wilayah sekitarnya.
Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300
ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000
ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7
inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga
berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin. Sebagai
demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi
dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36
inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki
massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama, setinggi 324 meter dan 88.3
jari-jarinya. Berat menara 10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton
udara.
Tingkat pertama dan kedua dapat diakses dengan tangga dan lift. Sebuah loket tiket
di menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai di tempat itu. Di
platform pertama tangga menaik dari menara timur dan pertemuan tingkat ketika
hanya dapat diakses dengan lift. Dari platform pertama atau kedua tangga dibuka
bagi semua orang yang naik dan turun tergantung apabila mereka telah membeli
tiket lift atau tiket tangga. Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328
ke tingkat pertama, 340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat
kedua. Ketika keluar lift di tingkat ketiga terdapat 15 anak tangga naik menuju
platform pengamatan atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap di sisi
tangga untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga naik memberikan
pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara meskipun beebrapa anak tangga
pendek tertutup.
Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50 hingga 60 ton cat
setiap tujuh tahun untuk menjaganya dari karatan. Untuk menjaga penampilannya
terhadap pengunjung di bawah, tiga warna berbeda digunakan pada menara ini,
dengan warna gelap di bawah dan warna terang di atas. Warna cat diubah; menara
ini dicat coklat-kelabu. Di tingkat pertama terdapat konsol
interaktif yang memberitahukan warna pada pengecatan selanjutnya. Arsitek
Menara Eiffel adalah Emile Nouguier, Maurice Koechlin dan Stephen Sauvestre.
Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition
Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi
Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona,
untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai
kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan
tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel
mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di
Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889. Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja
menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural),
menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko
kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa menara ini
terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi, karena Eiffel
mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan
layar, hanya satu orang yang meninggal.
Pemandangan Pembangunan Menara Eiffel: di tingkat pertama
Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika
dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat
kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam penerbitan
Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik
Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892.
"Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh kota,
masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat bentangan
seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari lempengan besi
berpaku.” Penandatangan
surat ini meliputi Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.
Pengarang novel [{Guy de Maupassant]] — yang membenci menara itu —
makan siang di restoran Menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia menjawab
bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak bisa melihat
Menara. Hari ini, masih saja dianggap sebagai bagian seni bangunan mencolok.
Salah satu cliché film Hollywood menampilkan pemandangan dari jendela
Paris yang selalu menampakkan menara. Kenyataannya, sejak pembatasan tinggi
bangunan di Paris menjadi 7 tingkat, hanya beberapa bangunan tinggi yang
memiliki pemandangan jelas terhadap menara.
Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti
harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana
meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang
mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari
segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa.
Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi
monumen kemenangan pertempuran itu.
Ketika menara dibangun banyak orang dikejutkan dengan bentuknya
yang menantang. Eiffel dikritik untuk desain ini dan dipaksa mencoba merancang
sesuatu yang berseni, atau tak berseni dari sisi pandang, tanpa keinginan
membangun. Eiffel dan insinyurnya, dikenal sebagai pembangun jembatan, mengerti
kepentingan kekuatan angin dan tahu bahwa mereka akan membangun struktur
tertinggi di dunia mereka harus mencocokannya dengan tiupan angin. Dalam
wawancara yang dilaporkan surat kabar Le Temps, Eiffel mengatakan:
Bentuk menara sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitungan
matematika yang tahan angin. Beberapa teori perhitungan ini telah direncanakan
bertahun-tahun, yang terbaru adalah persamaan berbeda integral nonlinear didasarkan pada pengimbangan tekanan
angin dari sisi apapun pada menara dengan ketegangan antara elemen konstruksi
pada waktu itu. Bentuknya eksponensial. Plot berbahaya pada lengkungan menara,
menampilkan dua eksponen yang berbeda, bagian bawah memiliki pertahanan kuat
melawan angin.
Posting Lebih Baru Posting Lama